Kamis, 10 Februari 2011

Instrumen Penelitian PTK

            Instrumen yang disusun tergantung dari permasalahannya, untuk memecahkan masalah dalam PTK diperlukan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data.
      Berikut ini instrumen yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data dalam PTK.
(a)    Tes
      Tes dipakai untuk mengukur kemampuan siswa baik kemampuan awal, perkembangan atau peningkatan kemampuan  selama dikenai tindakan, dan kemampuan siswa pada akhir timdakan. Tes ini sangat beragam , dari tes sederhana yang disebut kuis, sampai pada tes dengan bentuk lengkap. Tes dapat dilakukan secara tertulis, lisan atau tes keterampilan.
(b)   Pedoman Pengamatan
      Teknik pengamatan (observasi) dengan alatnya panduan/pedoman pengamatan diperlukan untuk mengamati kegiatan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Bentuk pedoman pengamatan dapat berupa lembar pengamatan yang sudah dengan rinci menampilkan aspek-aspek dari proses yang harus diamati, dan tinggal membubuhkan tanda cek atau menuliskan secara singkat informasi yang diperlukan selama kegiatan belajar berlangsung. Selain itu catatan kualitatif juga diperlukan untuk menunjukkan kecenderungan perubahan yang bersifat positif atau negatif.
(c)    Dokumentasi
      Banyak informasi yang karena sifatnya sudah ada dan tersimpan di dalam dokumen, sehingga untuk mengenalinya membutuhkan upaya menganalisis dokumen yang sudah ada. Misalnya buku catatan siswa, buku pekerjaan rumah siswa, rencana pelajaran dan lain sebagainya.  Selain itu slide dan foto dengan atau tanpa tambahan audio adalah cara yang sangat bermanfaat untuk merekam kejadian-kejadian dalam kelas atau menggambarkan suatu episode pembelajaran. Alat tersebut juga dapat membantu alat pengumpul data yang lain atau sebagai sarana untuk memberikan acuan pada saat wawancara atau diskusi. Pendekatan ini akan lebih baik jika ditambahkan pula penggunaan video.
(d)   Kartu
      Sistem kartu juga sangat membantu pencatatan berbagai hal, satu kartu untuk satu informasi. Untuk siswa  dapat dibuat kartu prestasi. Kartu juga dapat dipakai untuk merekam perkembangan proses pembelajaran antar waktu, misalnya kartu tentang cara menyelesaikan soal, cara mengajukan pertanyaan  dan lain sebagainya.
(e)    Angket dan Wawancara
      Angket berisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara tertulis, sedangkan wawancara dilakukan secara lisan.
      Persyaratan pewawancara antara lain: (1) bersikap simpatik, menarik, dan perhatian terhadap pendengar, tanpa mengambil bagian aktif dalam wawancara; (2) bersifat netral pada suatu masalah; (3) harus rileks; (4) sudah menyusun garis-garis besar pertanyaan, dan menyusun kembali pertanyaan jika jawabanya masih kabur dan terlalu umum.

terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More