Kamis, 03 Februari 2011

Contoh Rancana Pelajaran pada Pembelajaran Berdasarkan Masalah



RENCANA PELAJARAN
Satuan Penddidikan          :           SMP
Mata Pelajaran      :           Matematika
Kelas/Semester      :           I / 1
Aspek                    :           Pecahan
Alokasi Waktu      :           2 x 45 menit

A   1. Kompetensi Dasar
               Mengenal  bilangan pecahan dan melakukan operasi bilangan pecahan
2. Hasil Belajar
Siswa dapat menunjukkan kemampuan mengenal bilangan pecahan dan melakukan operasi bilangan pecahan
3. Indikator
Siswa diharapkan minimal dapat menjumlahkan pecahan yang penyebutnya sama.

B.     Kelengkapan
Buku Siswa     :
LKS                :

C.     Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran   :           Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Metode                        :           Ceramah, Penemuan Terbimbing, Diskusi dan Pemberian Tugas.
Pendekatan                 :           Kontekstual
1.      Pendahuluan
·         Guru menghubungkan pelajaran sekarang dengan yang lalu dengan menanyakan tentang pecahan, pecahan senilai, pecahan murni dan pecahan campuran.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menginformasikan model pembelajaran yang akan dilakukan.
2.      Kegiatan Inti
·         Fase 1 : Mengorientasikan Siswa Pada Masalah
-      Guru mengajukan masalah yang ada di LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut.
·         Fase 2 : Mengorganisir Siswa untuk Belajar
-          Guru membagi siswa kedalam kelompok 3 atau 4 orang.
-          Guru meminta siswa mengemukakan ide kelompoknya sendiri tentang cara mnyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Fase 3 : Membantu siswa memecahkan masalah
-          Guru membimbing /mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, menemukan penjelasan dan pemecahan masalah yang diberikan pada fase 1
-          Guru mendorong dialog/diskusi antar teman dalam kelompoknya.
·         Fase 4 : Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Pemecahan Masalah
-          Guru membimbing/mengamati dalam menyimpulkan hasil pemecahan masalah yang diberikan pada fase 1.
-          Guru mendorong siswa menyajikan hasil pemecahan masalah dan membimbing siswa bila menemui kesulitan.
·         Fase 5 : Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah.
-          Guru membantu siswa mengkaji ulang proses/hasil pemecahan masalah pada fase 1 sampai fase 4.
3.      Penutup
·         Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
·         Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan yang dipilihkan dari buku siswa.
D.    Evaluasi
Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan aspek:
1.      Sikap dan Minat
Sikap dan minat dievaluasi dengan cara observasi selama kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Adapun aspek yang diobeservasi diantaranya: antusiasme saat berdiskusi, kehadiran siswa, mengucapkan ide-idenya, kemampuan menanggapi pendapat orang lain, dan saat mengerjakan latihan soal.
2.      Kognitif
Aspek kognitif dievaluasi dengan memperhatikan hasil pekerjaan siswa saat menjawab soal-soal latihan dan menjawab pertanyaan lisan yang diajukan guru.

terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More