Kamis, 10 Februari 2011

Rencana Penelitian


Rencana Penelitian
            Pada bagian ini digambarkan rencana tindakan yang akan dilakukan oleh peneliti. Peneliti sudah merencanakan ada berapa siklus dalam penelitian yang akan dilakukan (misal: dua siklus atau tiga siklus), termasuk didalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaa, implementasi, pengatan, dan refleksi. Kemudia uraikan masing-masing siklus yang direncanakan dengan tahapannya.
(a)  Perencanaan
            Perencanaan adalah persiapan-persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan PTK. Persiapan dilakukan untuk beberapa siklus (paling tidak di desain dua siklus. Misalnya: menyusun skenario pembelajaran ( RP), menyusun tes yang akan digunakan, menyusun pedoman observasi, menyusun pedoman wawancara, menyusun tes hasil belajar, menyiapkan media pembelajaran, merencanakan kapan implementasi dilaksanakan, atau yang lainnya. Selain itu perlu disebutkan juga personal yang akan dilibatkan. Disamping itu juga diuraikan juga alternative-alternatif solusi yang akan dicobakan dalam rangka pemecahan masalah.
(b)  Implementasi Tindakan
            Implementasi tindakan yaitu penerapan dari perencanaan pada (a) , apa yang sudah direncanakan sebelumnya akan dilakukan pada tahapan ini.
(c)  Pengamatan
            Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah perekaman dan pengolahan, serta penafsiran data mengenai proses dan produk dari implementasi tindakan. Dalam hal ini evaluasi juga dilakukan dalam tahapan ini.
(d)  Refleksi
            Pada bagian ini diuraikan tentang prosedur analisis, refleksi berkenaan dengan proses, dampak tindakan perbaikan, kriteria dan rencana bagi tindakan berikutnya  apabila memang diperlukan.
terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More