Kamis, 10 Februari 2011

Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas


            Prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
1.   Guru dalam melakukan PTK tidak berdampak menganggu proses pembelajaran. Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa tindakan yang akan dilakukan memberikan yang terbaik bagi siswa, meningkatkan kemampuan siswa serta mengacu kepada penguasan materi pembelajaran.  
2.   Penelitian tindakan kelas sangat situasional, yaitu berkaitan dengan mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu dan berupaya menyelesaikannya dalam konteks itu. Masalahnya diangkat dari praktek pembelajaran keseharian yang benar-benar dirasakan oleh guru atau siswanya. Kemudian diupayakan penyelesaian demi peningkatan mutu pendidikan, prestasi siswa, profesi guru, dan mutu sekolahnya, dengan jalan merefleksi diri, yaitu sebagai praktisi dalam pelaksanaan penuh keseharian tugas-tugasnya, sekaligus secara sistematik.
3.   Penelitian tindakan kelas merupakan upaya kolaboratif antara guru dan siswa-siswanya , yaitu satuan kerja sama dengan prespektif yang berbeda. Misalnya bagi guru demi meningkatkan mutu profesionalnya dan bagi siswa meningkatkan prestasi belajarnya. Kerja sama kolaboratif ini dengan sendirinya juga partisipatori, yaitu setiap anggota tim itu secara langsung mengambil bagian dalam pelaksannan PTK dari awal sampai akhir.
4. Penelitian tindakan kelas itu bersifat self evaluatif, yaitu kegiatan modifikasi praktis yang dilakukan secara kontinu, dievaluasi dalam situasi yang terus berjalan yang tujuan akhirnya adalah untuk peningkatan perbaikan dalam praktek nyata.
5. Penelitian tindakan kelas bersifat luwes dan menyesuaikan. Adanya penyesuaian itu menjadikan suatu prosedur yang cocok untuk belajar dikelas yang memilki banyak kendala yang melatarbelakangi masalah di sekolah.
6. Penelitian tindakan kelas terutama memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empiris. PTK menelaah ada tidaknya kemajuan, sementara proses pembelajaran terus berjalan, informasi-informasi dikumpulkan, diolah, didiskusikan, dinilai dan guru bersama siswanya berbuat melakukan tindakan.
7.  Dalam PTK sifat sasarannya situasional spesifik, tujuannya pemecahan masalah praktis. Temuan-temuannya tidak dapat digeneralisasi, kendali peubah pada pada ubahan bebas tidak ada. Dalam pengkajian permasalahannya prosedur pengumpulan data dan pengolahannya dilakukan secara cermat dengan cara-cara ilmiah.
terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More