Sabtu, 12 Februari 2011

hipotesis


Hipotesis
Hipotesis adalah penjelasan sementara tentang tingkah laku, gejala-gejala, atau kejadian tertentu yang telah terjadi atau yang akan terjadi. Suatu hipotesis adalah pernyataan masalah yang spesifik. Karakteristik hipotesis yang baik adalah: dapat diteliti, menunjukkan hubungan antara variable-variabel, dapat diuji, mengikuti temuan-temuan penelitian terdahulu.

Adapun fungsi-fungsi hipotesis, yaitu: membimbing pikiran peneliti dalam memulai penelitian, menentukan tahapan atau prosedur penelitian, membantu menetapkan format dalam menyajikan, menganalisis dan menafsirkan data dalam tesis.

Ada beberapa tipe hipotesis, yaitu:
1.Hipotesis nol mengandung arti tidak ada pengaruh, tidak ada interaksi, tidak ada hubungan, atau tidak ada perbedaan
2.Hipotesis alternative adalah pernyataan operasional dari hipotesis penelitian. Bila hipotesis alternatif berdasarkan teori maka disebut hipotesis deduktif. Tetapi bila hipotesis alternatif berdasarkan pengamatan disebut hipotesis induktif
3.Hipotesis non- directional tidak menunjukkan suatu arah. Untuk itu digunakan uji dua pihak
4.Hipotesis directional memperlihatkan arah pengaruh atau arah perbedaan.

Contoh hipotesis nol (Ho) ; Tidak ada perbedaan kreatifitas antara anak yang diberi keleluasaan dengan anak yang dikekang dalam keluarga.

Contoh hipotesis alternative (Ha) ; Ada perbedaan kreativitas antara anak yang diberi keleluasaan dengan anak yang dikekang dalam keluarga atau Kreativitas anak yang diberi keleluasaan lebih tinggi daripada kreativitas anak yang dikekang (hubungan positif) ; atau kreativitas anak yang dikekang lebih tinggi daripada kreativitas anak yang diberi keleluasaan (hubungan negatif).
hipotesis adalah dugaan sementara

hipotesis adalah jawaban sementara terhadap hasil penelitian. hipotesis dibagi menjadi dua, yaitu hipotesis alternatif (ha) dan hipotesis nol (ho). hipotesis alternatif adalah hipotesis yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya, sedangkan variabel nol adalah variabel yang menyatakan tidak adanya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain.
Jadi, Hypotesis adalah kebenaran yang rendah (yang perlu ditelusuri lagi atau perlu dibuktikan lagi kebenarannya). Itu kalau secara bahasa/istilah. Lebih jelasnya, secara konsep, Hypotesis adalah sejumlah pernyataan yang membutuhkan pengkajian lebih mendalam hingga dapat terbukti kebenarannya (secara ilmiah).


terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More