Kamis, 03 Februari 2011

Contoh Rencana Pelajaran Model Pengajaran Langsung

RENCANA PELAJARAN
Satuan Penddidikan          :           SMP
Mata Pelajaran                  :           Matematika
Kelas/Semester                  :           I / 1
Aspek                                :           Garis dan Sudut
Alokasi Waktu                  :           3 x 45 menit

  1. 1. Kompetensi Dasar
               Membagi garis dan menentukan kedudukan dua garis.
2. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menggunakan aturan-aturan yang berlaku pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain.      
3. Indikator
Siswa diharapkan dapat:
a.       menentukan garis-garis sejajar
b.      menentukan banyak garis yang dapat dibuat melalui sebuah titik diluar garis yang ditentukan sejajar dengan garis tersebut.
c.       Mengenal sifat garis sejajar.
1.Jika sebuah garis memotong salah satu dari garis sejajar maka garis itu memotong garis sejajar lain.
2.Jika sebuah garis sejajar dengan dua buah garis, maka kedua garis itu sejajar pula satu sama lain.
  1. Kelengkapan
1.      Buku LKS
2.      LKS
  1. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran   :           Pengajaran Langsung
Metode                        :           Ceramah, Tanya-jawab, dan pemberian tugas.
1.      Pendahuluan
a. Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya meminta siswa memberi contoh model garis sejajar pada lantai rumah yang terbuat dari ubin, langit-langit rumah dari eternit.
b.Menginformasikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
a. mengarahkan siswa untuk memahami pengertian garis sejajar dengan memperhatikan gambar ubin yang disederhanakan.
b.Dengan tanya jawab dijelaskan pengertian garis sejajar.
c. Dengan tanya jawab dikenalkan sifat-sifat garis sejajar selangkah demi selangkah dimulai dengan sifat 1 sampai sifat 3.
d.      Memberikan contoh soal mengenai garis sejajar dan sifat-sifatnya dengan metode Tanya jawab.
e. Dengan mengerjakan LKS siswa dibimbing untuk memahami sifat garis sejajar.
f. Guru bersama siswa membahas LKS
g.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan latihan soal.
h.Dengan Tanya jawab, guru mengecek pemahaman siswa.
3.      Penutup
a. Guru bersama dengan siswa merangkum materi yang telah dibahas.
b.Guru memberikan pekerjaan rumah berupa latihan soal.
  1. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan aspek:
a.       Sikap dan Minat
Sikap dan minat dievaluasi dengan cara observasi selama kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Adapun aspek yang diobeservasi diantaranya: antusiasme saat menerima pelajaran, kehadiran siswa, mengucapkan ide-idenya , kemampuan menanggapi pendapat orang lain, dan saat mengerjakan latihan soal.
b.      Kognitif
Aspek kognitif dievaluasi dengan memperhatikan hasil pekerjaan siswa saat menjawab soal-soal latihan dan menjawab pertanyaan lisan yang diajukan guru.terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More