Dalam teori belajarnya Jerome Bruner berpendapat bahwa kegiatan belajar akan berjalan baik dan kreatif jika siswa dapat menemukan sendiri suatu aturan atau kesimpulan tertentu. Dalam hal ini Bruner membedakan menjadi tiga tahap. Ketiga tahap itu adalah : (1) Tahap informasi, yaitu tahap awal untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman baru, (2) Tahap transformasi, yaitu tahap memahami, mencerna dan menganalisis pengetahuan baru serta ditransformasikan dalam bentuk baru yang mungkin bermanfaat untuk hal-hal yang lain, dan (3) evaluasi, yaitu untuk mengetahui apakah hasil transformasi pada tahap kedua tadi benar atau tidak.
Jika seseorang dibesarkan dengan toleransi, maka seseorang akan belajar menahan diri; Jika seseorang dibesarkan dengan dorongan, maka seseorang akan belajar percaya diri; Jika seseorang dibesarkan dengan pujian, maka seseorang akan belajar menghargai; Jika seseorang dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, maka seseorang akan belajar keadilan; Jika seseorang dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, maka seseorang akan belajar menemukan cinta dalam kehidupan di dunia ini.