Senin, 11 April 2011

Belajar Penemuan Menurut Jeromi Bruner

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kita ketahui bahwa pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tersebut serta mewariskannya kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam hidup dan kehidupan yang terjadi dalam suatu proses pendidikan[1].
Dalam hal pendidikan, tentu tidak akan terlepas dari kata belajar, dimana belajar adalah suatu kata yang sudah akrab dengan semua lapisan masyarakat. Bagi pelajar atau mahasiswa kata “belajar” merupakan kata yang tidak asing. Bahkan sudah merupakan bagian yang tidak terpisah dari semua kegiatan mereka dalam menunut ilmu dilembaga pendidikan formal. Kegiatan belajar mengajar mereka lakukan setiap waktu sesuai dengan keinginan. Entah malam hari, sore hari atau pagi hari[2].
Dari dulu hingga sekarang para ahli psikologi dan pendidikan tidak bosan-bosannya membicarakan masalah belajar. Penelitian demi penilitian sudah pula dilakukan. Berbagai teori belajar sudah tercipta sebagai hasil dari penelitian[3]. Dari beberapa teori yang terdcipta tersebut ada teori belajar penemuan yang dikembangkan oleh Jerome Bruner, diamana pada saat ini teori merupakan salah satu teori yang baik untuk dikembangkan di era globalisasi. Oleh karena itu dalam kesempatan akan di bahas secara mendalam mengenai teori tersebut.


B.     Rumusan Masalah
Teori belajar penemuan yang dikembangkan oleh Jerome Bruner, diamana pada saat ini teori tersebut merupakan salah satu teori yang baik untuk dikembangkan di era globalisasi. Tentunya berbagai pembahasan akan menjelaskan teori tersebut. Karena itu untuk dapat memudahkan kita dalam pembahasan, maka dalam paper ini akan dipaparkan ;
1.      Bagaimana belajar penemuan (Discovery) menurut Jerome Bruner.

C.    Tujuan  Penulisan
1.      Untuk memenuhi tugas terstruktur mata kuliah Psikologi Belajar
2.      Untuk memberikan kejelasan kepada para pembaca dalam memahami teori belajar penemuan menurut Jerome Bruner.

D.      Metode Penulisan
Metode yang di gunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode kepustakaan atau library research. Mengumpulkan sebanyak mungkin literatur yang terkait mengenai masalah yang dibahas. Dan dimana hal itu sangat di perlukan untuk menunjang penulisan makalah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More