Rabu, 02 Februari 2011

discovery learning (Bruner)


Belajar Penemuan
Salah satu model kognitif yang sangat berpengaruh adalah model dari Jerome Bruner (1966) yang dikenal dengan nama belajar penemuan (discovery learning). Bruner menganggap bahwa belajar penemuan sesuai dengan pencarian pengetahuan secara aktif oleh manusia dan dengan sendirinya memberikan hasil yang paling baik.
Pengetahuan yang diperoleh dengan belajar penemuan menunjukkan beberapa kebaikan. Diantaranya adalah :
1.      Pengetahuan itu bertahan lama atau lama dapat diingat
2.      Hasil belajar penemuan mempunyai efek transfer yang lebih baik
3.      Secara menyeluruh belajar penemuan meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir secara bebas.
Asumsi umum tentang teori belajar kognitif : (a) Bahwa pembelajaran baru berasal dari proses pembelajaran sebelumnya. (b) Belajar melibatkan adanya proses informasi (active learning). (c) Pemaknaan berdasarkan hubungan. (d) Proses kegiatan belajar mengajar menitik beratkan pada hubungan dan strategi. Bruner bekerja dan pada pengelompokan dan atau penyediaan bentuk konsep sebagai suatu jawaban atau bagaimana peserta didik memperoleh informasi dari lingkungan. Bruner mengembangkan teorinya tentang perkembangan intelektual, yaitu :
1.      Enactive, dimana seorang peserta didik belajar tentang dunia melalui tindakannya pada obyek. Siswa melakukan aktifitas-aktifitasnya dalam usahanya memahami lingkungan.
2.      Iconic, dimana belajar terjadi melalui penggunaan model dan gambar.
3.      Simbolik, yang mendeskripsikan kapasitas dalam berpikir abstrak, siswa mempunyai gagasan-gagasan abstrak yang banyak dipengaruhi bahasa dan logika dan komunikasi dilakukan dengan pertolongan sistem simbol ini semakin dominan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More