Rabu, 02 Februari 2011

dalil pengaitandalam pembelajaran matematika menurut Bruner


Dalil Pengaitan
Suatu topik akan menjadi sulit dipahami oleh siswa manakala belum menguasai materi prasarat yang dibutuhkan. Siswa harus diberikan kesempatan sebanyak-banyaknya dalam melihat atau mengkaji kaitan antara suatu topik dengan topik lain atau satu konsep dengan konsep lain yang dipelajari. Dalil pengaitan yang dikemukakan oleh Bruner erat kaitannya dengan apa yang disebut mathematical connection dalam curriculum and evaluation standard for school mathematics. Ditekankan kepada siswa agar mampu mengkaji dan menerapkan kaitan antara topik-topik matematika dan aplikasinya, implikasi dari pernyataan tersebut adalah agar siswa dapat : (1) memahami representasi keekivalenan konsep yang sama, (2) menghubungkan prosedur satu representasi ke representasi yang ekivalen, (3) menggunakan dan menghargai kaitan antara topik matematika, dan (4) menggunakan dan menghargai kaitan matematika dengan disiplin lain (NCTM, 1989)