Kamis, 03 Februari 2011

Contoh Rencana Pelajaran pada Model Pembelajaran Kooperatif


 
RENCANA PELAJARAN
Satuan Penddidikan          :           SMP
Mata Pelajaran                  :           Matematika
Kelas/Semester                  :           I / 1
Aspek                                :           Persamaan Garis Lurus
Alokasi Waktu                  :           3 x 45 menit

A   1. Kompetensi Dasar
               Menemukan sifat-sifat garis lurus
2. Hasil Belajar
Siswa menunjukkan kemampuan menggambar garis lurus dalam berbagai bentuk.           
3. Indikator
Siswa diharapkan dapat:
a.       Menggambar garis y = mx pada bidang cartesius.
b.      Menggambar garis y = mx+c pada bidang cartesius

B.     Kelengkapan
Buku Siswa
LKS

  1. Kegiatan Belajar Mengajar
Model Pembelajaran   :           Pembelajaran Kooperatif
Metode                        :           Ceramah, Tanya-jawab, diskusi dan pemberian tugas.
1.      Pendahuluan
a.       mengingatkan kembali pengertian system koordonat cartesius dan tempat kedudukan
b.      Menginformasikan tujuan pembelajaran, meliputi tujuan produk dan afektif
c.       Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.
2.      Kegiatan Inti
·         Mengelompokkan siswa dalam kelompok  yang sudah dipersiapkan guru.
·         Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS. Selama diskusi berlangsung guru memantau dan menilai cara kerja dari tiap-tiap kelompok dan membantu kelompok  yang mengalami kesulitan.
·         Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan. Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
·         Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS. Selama diskusi berlangsung guru memantau dan menilai cara kerja dari tiap-tiap kelompok dan membantu kelompok  yang mengalami kesulitan.
·         Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan. Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
·         Meminta setiap kelompok untuk mengerjakan LKS. Selama diskusi berlangsung guru memantau dan menilai cara kerja dari tiap-tiap kelompok dan membantu kelompok  yang mengalami kesulitan.
·         Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan. Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
3.      Penutup
·         Membimbing siswa untuk merangkum materi
·         Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan yang dipilihkan dari buku siswa.
  1. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan aspek:
a.       Sikap dan Minat
Sikap dan minat dievaluasi dengan cara observasi selama kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Adapun aspek yang diobeservasi diantaranya: antusiasme saat berdiskusi, kehadiran siswa, mengucapkan ide-idenya, kemampuan menanggapi pendapat orang lain, dan saat mengerjakan latihan soal.
b.      Kognitif
Aspek kognitif dievaluasi dengan memperhatikan hasil pekerjaan siswa saat menjawab soal-soal latihan dan menjawab pertanyaan lisan yang diajukan guru. terima kasih, semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More